Senin, 04 Juni 2018

Kalian Harus Tau Banyak Hal Tentang Adiwiyata, Tujuan Adiwiyata dalam Kehidupan Kita, dan Manfaat yang Bisa Kita Peroleh.

           Hasil gambar untuk logo adiwiyata


               Adiwiyata, siapa yang tidak tau mengenai Adiwiyata, tentunya Adiwiyata tidak asing lagi bagi para pelajar khususnya sekolah menengah atas (SMA). Adiwiyata mengajarkan tentang pendidikan lingkungan hidup yang dimana membuat masyarakat sadar dan peduli dengan lingkungan mereka dengan cara menjaga dan melestarikan untuk meningkatkan kwalitas lingkungan hidup. Dengan tujuan dapat mengatasi isu-isu permasalah lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan keselamatan lingkungan untuk kepentingan  generasi sekarang dan generasi yang akan datang. 


           Adiwiyata berasal dari kata "Adi" yang berarti besar, baik, agung, ideal, dan sempurna sedangkan "Wiyata" adalah dimana seseorang dapat mendapatkan pendidikan, nilai-nilai etika, dan nilai-nilai norma dalam kehidupan. Sehingga Adiwiyata adalah tempat yang baik untuk mendapatkan ilmu dan segala pengetahuan berupa norma-norma dan etika yang ada sehingga terciptanya kesejahteraan hidup dan sebagai cita-cita pembangunan bangsa yang berkelanjutan. 


 Adiwiyata  diterapakan pertama kali pada tahun 1975 yang diselengarakan  oleh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau disingkat IKIP di jakarta, pada tahun ini juga awal tercetusnya pendidikan lingkungan hidup di indonesia. Program adiwiyata adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan yang bersih, sehat, dan memanfaatkan sumber daya yang ada pada lingkungan. Prinsip adiwiya sendiri adalah partisipatif dan berkelanjutan, yang di maksud dengan partisipatif adalah artinya komunitas sekolah yang terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya. Sedangkan Berkelanjutan yang dimaksud adalah seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan kompherhensif. 



Keuntungan dari pelaksanaan program adiwiyata adalah untuk merubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan, meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi, meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah, menciptakan sifat bergotongroyong atau kebersamaan dalam lingkungan bermasyarakat maupun sekolah, dapat menghindari berbagai resiko bencana alam yang dapat merugikan masyarakat, dan menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda untuk mau menjaga dan memeliharaan lingkunganya dengan cara mengelolah lingkungan hidup yang baik dan benar.


Nah, sudah tahukan banyak hal mengenai Adiwiyata, bagaimana kalian cara kalian untuk mencintai lingkungan kita.



  

3 komentar:

Pendapat Dari Bapak Samson A. Lolang,S.Th Mengenai Adiwiyata

menurut, Samson A. Lolang,S.Th - Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan dan peduli lingkungan yang di mana di dalam lin...